banner.jpg

Produk

BERAS IR 64

BERAS IR 42

KETAN PUTIH

KETAN HITAM

BERAS ORGANIK:

DETOKSIFIKASI
Detoksifikasi adalah suatu proses pembersihan tubuh terhadap zat-zat yang membahayakan, dan kemudian memulihkan kemampuan penyembuhan alamiah tubuh. Proses ini dapat dicapai melalui penggunaan tumbuhan herbal, makanan organik, jus, aromaterapi, olah raga, meditasi dengan teknik bernafas dalam, dan terapi lainnya. Detoksifikasi memberikan tubuh kita istirahat sejenak terhadap asupan makanan dan kebiasaan gaya hidup yang mungkin telah merusak kesehatan. Selama masa detoksifikasi ini, dari dalam tubuh kita membersihkan diri dari sampah - sampah yang menghambat proses metabolisme normal. Bahkan seseorang dengan masalah kecil atau gejala yang tidak terlihat bisa mengalami peningkatan racun dalam tubuh.

 

HOME

PRODUK

BELANJA ONLINE

PROMOSI

BERAS ORGANIK

HUBUNGI KAMI

BERAS HITAM

Beras Hitam berdasarkan hasil penelitian oleh peneliti asal Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc., sejak tahun 2010 bahwa beras hitam terbukti mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya adalah antosianin. Antosianin bagi tubuh berfungsi sebagai antioksidan dan antikolesterol. Dalam beras hitam, kandungan antosianin mencapai 200-400 miligram per 100 gram. “Kandungan ini bahkan lebih tinggi dibandingkan beras merah,” menurut Dr. Ir. Edi Purwanto, M.Sc.

Beras hitam juga mengandung zat besi yang jumlahnya tiga kali lipat dibanding dengan zat besi dalam beras putih. Kandungan ini, menurut Edi, sangat potensial untuk menangani defisiensi zat besi yang banyak terjadi di negara berkembang. Kandungan lain yang terdapat dalam beras hitam, di antaranya: serat, vitamin E, dan kadar gula yang rendah.

Di samping kaya nutrisi, nasi yang berasal dari beras hitam lebih enak dan sangat pulen jika dibanding dengan beras putih. Beras hitam ini berbeda dengan ketan hitam baik dinilai dari aroma, tekstur, dan rasa.

Namun, banyaknya kandungan manfaat beras hitam tak sebanding dengan stok di pasaran. Varietas jenis padi hitam belum populer dibudidayakan oleh petani di Indonesia. Di Indonesia, padi jenis ini hanya bisa dijumpai di beberapa daerah, seperti: Bantul, Boyolali, dan Sumatera Barat.

Masa panen padi beras Hitam cukup lama dibandingkan dengan padi putih sehingga petani enggan menanamnya

 

KANDUNGAN BERAS HITAM

Beras hitam mengandung sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras lainnya.
Pada beras hitam, aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga warna beras menjadi ungu pekat mendekati hitam. Ketan hitam merupakan versi ketan dari beras hitam.


Kandungan GiZi
Beras hitam, sama halnya dengan beras merah, dianggap bernutrisi lebih baik dibanding dengan beras putih, karena mengandung vitamin B 1 dan mineral misalnya zat besi, lebih tinggi dibanding beras putih. Selain itu, vitamin terutama vitamin B Komplek yang terkandung dalam kulit ari beras, masih ada. Pada beras putih, konsumen tidak mudah mengenali, apakah kulit ari yang mengandung vitamin itu masih ada, atau telah disosoh habis.
Pada beras merah dan beras hitam, kulit ari itu pasti masih disisakan. Hingga sebenarnya, mengonsumsi beras putih pecah kulit pun (tanpa disosoh) sudah bisa lebih sehat, dibanding dengan mengonsumsi beras putih yang telah disosoh habis. Hasil analisis Laboratorium Pangan dan Gizi Pusat Antar Universitas (PAU) UGM menunjukkan, kadar protein beras hitam 7,88 %. Lebih tinggi ketimbang beras putih sebesar 6,8 %. Namun, kandungan karbohidratnya hanya 74,81%, sedikit lebih kecil dibandingkan beras putih yang 78,9%.

 

Manfaat Beras Hitam

Beras hitam berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit, memperbaiki kerusakan sel hati (hepatitis dan chirosis), mencegah gangguan fungsi ginjal, mencegah kanker/tumor, memperlambat penuaan, sebagai antioksidan, membersihkan kolesterol dalam darah, dan mencegah anemia.
Beras hitam mengandung sedikit sedikit protein, namun kandungan besinya tinggi yaitu 15,52 ppm, jauh lebih tinggi dibanding beras dari varietas IR64, Ciherang, Cisadane, Sintanur, Pandanwangi, dan Batang Gadis yang kandungan besinya berkisar antara 2,9-4,4 ppm. Zat besi dibutuhkan tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Pengkayaan zat besi pada beras untuk mengatasi anemia yang dewasa ini digalakkan tampaknya perlu mulai berpaling pada beras hitam atau beras merah.
Peran pigmen beras hitam adalah paling baik di antara berbagai jenis beras berwarna. Selain itu, pigmen tersebut kaya mengandung materi aktif flavonoid dan kadarnya lima kali lipat dari pada beras putih dan berperan sangat besar bagi pencegahan pengerasan pembuluh nadi. Selain itu, beras hitam mengandung relatif banyak serat makanan (dietary fiber), laju pencernaan pati lamban, indeks gula darah 55 sedangkan beras putih adalah 87.
Zat kalium dan magnesium dalam beras hitam bermanfaat bagi pengontrolan tekanan darah, dan mengurangi risiko terserang penyakit pembuluh darah otak dan jantung. Maka, penderita penyakit kencing manis dan pembuluh darah jantung dapat mengkonsumsi beras hitam sebagai makanan penyehat badan.

Diambil dari berbagai sumber:
https://uns.ac.id/id/uns-update/ini-dia-berbagai-manfaat-beras-hitam.html
http://satvikabhoga.wordpress.com/2009/07/25/beras-hitam/
http://bumiganesa.com/?p=491
http://ridiah.wordpress.com/2010/03/31/
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_rice_varieties
 
Beras Hitam Oryzae beras hitam organik

 

Gaya Hidup Organik, Harapan Baru Bagi Abad Ke-21
Seiring dengan konsekwensi dari gaya hidup organik berpolusi nol menjadi suatu tren global yang signifikan, ketersediaan produk-produk organik meningkat dengan pesat. Kita semua mencari kesehatan dan kebahagiaan hidup. Hidup dengan gaya hidup organik akan membantu kita mencapainya. Dan lagi, hal itu sangatlah sederhana.

  • Kembali ke alam,

  • Minum air bersih,

  • Nikmati sinar matahari yang cukup,

  • Hirup udara segar,

  • Lakukan olahraga yang sesuai,

  • Ketahui cara mengurangi stres,

  • Hidup harmonis dengan sesama,

  • Jauhi rokok, alkohol dan narkoba dan,

  • Konsumsi produk-produk organik tanpa polusi.

Seseorang bisa menerapkan hal-hal tersebut dalam hidupnya sehingga tak pelak lagi orang itu akan memiliki hidup yang sehat, yang merupakan praktek kesehatan bagi semua orang untuk membangun sebuah keluarga yang sehat.

Revolusi Gaya Hidup Organik

Gaya Hidup Organik Polusi Nol telah menjadi sebuah tren global, produk-produk organik telah menjadi sesuatu yang umum, dan harus kita makan setiap hari untuk menjaga kesehatan. Makna polusi nol yang sesungguhnya bukanlah sebuah penyembuhan melainkan untuk menjaga fisik kita tetap sehat. Karena dengan memakan makanan yang tak terkontaminasi, misalnya makanan organik, akan menghasilkan pembersihan tubuh dan menghilangkan racun. Hal ini penting untuk mempertinggi sistem kekebalan tubuh kita dan menjaga fungsi normal organ-organ tubuh dan menjauhkan kita dari penyakit-penyakit modern. Beragam studi menunjukkan bahwa kehidupan manusia seharusnya mencapai lebih dari 100 tahun namun sebagian besar orang gagal mencapai standar ini. Alasan utamanya adalah karena manusia memakan terlalu banyak makanan beracun, yang dipasangkan dengan diet kaya naun tidak berimbang yang mungkin saja menyebabkan kerusakan fungsi kekebalan tubuh. Setelah Perang Dunia Kedua, penyelahgunaan bahan-bahan kimia, pestisida, insektisida dan bahan pengawet telah memicu munculnya berbagai penyakit modern.
 

Demi Pendekatan Kesehatan, Bersahabatlah Dengan Alam!

 

Definisi dari Naturopati adalah kecaman konstruktif untuk menggunakan makanan alami, bebas dari polusi dan bahan pengawet, misalnya : sayuran organik, buah organik, daging organik, herbal organik, biji-bijian dan makanan unggas organik dan sebagainya. Sebagai tambahan, naturopati atau penyembuhan alami telah dikenal sebagai bagian dari "gaya hidup berpolusi nol", yang berpasangan dengan udara alami, sinar matahari, air dan faktor-faktor lain yang akan merawat tubuh menuju pada kesembuhan dan sebagai upaya pencegahan diri dari berbagai penyakit kronis. Hal ini tentu saja tidak termasuh penyakit warisan genetis dan penyakit yang disebabkan oleh faktor-faktor luar. Para peneliti menunjukkan bahwa kita bisa mencegah penyakit dengan cara diet berimbang dan gaya hidup organik. 
 

 
 

 

 www.makmurpangan.com

Daftar Harga 
	

Resep Masakan
Beras Organik RI 1 Premium
Beras Maknyuss 5 kg
Beras Jatisari 5 kg
Beras Sumo 5 kg IR64+Pandan Wangi
Beras Sumo IR 64 5 kg
Beras Topi Koki - kuning 5 kg
Beras Merah Organik Suta 5 kg